Diskusi Online BPB

MATERI    :  Materi Biologi  dalam IPA SMP MTs Kelas VII Kurikulum 2013 
TUJUAN   :  Menetapkan Materi Biologi dalam IPA SMP MTs Kelas VII Kurikulum 2013
METODE  :  Diskusi Online

PEMATERI: Kelompok V Pak R. Taufiq Mulyana P. & titipan yakni Yosi Nurpiansyah


PROSEDUR:
1. Semua anggota kelompok  V bertindak sbg pemateri. Silahkan berbagi tugas untuk menyajikan materi .    
    Setelah pasti apa tugasnya masing-masing.maka silahkan kedua  anggota kelompok tsb menuliskan 
    materinya di kolom Pos Komentar.  
2. Setelah materi tersajikan, maka peserta diskusi WAJIB mengajukan HANYA 1 pertanyaan ditujukan
    kepada siapa ( Pa R. Taufiq Mulyana atau Yosi Nurpiansyah).
3. Pemateri HANYA dibolehkan memberikan 1 kali jawaban saja per 1 pertanyaan.
4. Peserta diskusi WAJIB minimal 1x MEMBERI TANGGAPAN atas jawaban pemateri atau MENANGGAPI 
    tanggapan peserta diskusi lainnya
5. HANYA yang berpartisipasi (1x bertanya & 1x menanggapi) saja yang DIANGGAP HADIR dalam perkuliahan 
    ini. 

Bisa klik di sini Bahan Dasarnya yakni KIKD IPA SMP/MTS

Diskusi DIMULAI DARI SEKARANG s/d Kamis 16 April 2015 pk 23.59

SELAMAT BERDISKUSI

30 komentar:

  1. Materi Biologi dalam IPA SMP MTs Kelas VII Kurikulum 2013
    ( Disusun/disajikan oleh Kelompok V)
    Tujuan : Menetapkan Materi Biologi dalam IPA SMP MTS Kelas VII Kurikulum 2013

    Pemateri / penyaji I : R. Taufiq Mulyana.P

    A. Produk
    1. Pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, mahluk hidup dan lingkungan sekitar. (KD 3.1)
    2. Ciri hidup dan tak hidup dari benda- benda dan mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitar. (KD 3.2)
    3. Prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan klasifikasi berbagai mahluk hidup. (KD 3.3)
    4. Sistem organisasi kehidupan. (KD 3.4)
    5. Konsep energy,sumber energy, energy dari makanan,transformasi energy,respirasi,system pencernaan makanan dan fotosintesis. (KD 3.6)
    6. Mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari. (KD 3.7)
    7. Interaksi antar mahluk hidup dan lingkungannya. (KD 3.8)
    8. Pencemaran dan dampaknya bagi mahluk hidup. (KD 3.9)
    9. Penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem (KD 3.10)

    B. Proses
    1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran – besaran pada diri, mahluk hidup dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan baku dan tak baku. (KD 4.1)
    2. Menyajikan hasil analisis data observasi tetrhadap benda (mahluk ) hidup dan tak hidup. (KD 4.2)
    3. Mengumpulkan data-data dan melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar. (KD 4.3)
    4. Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan. (KD 4.4)
    5. Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya. (KD 4.5)

    Demikian sebagian materi untuk bahan didiskusikan, materi selanjutnya masih aspek proses dan aspek sikap akan disampaikan oleh saudara Yosi Nurpiansyah.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr wb...saya setuju dengan produk dan proses dari pemateri. yang menjadi pertanyaannya adalah apakah dikelas VII tidak ada aspek bioteknologinya?sedangkan dosen kita yang terhormat sering sekali mengingattkan bahwa hakikat biologi ada 4:produk ilmiah,proses ilmiah.sikap ilmiah (yang akan saudara yosi sampaikan) bioteknologi.

    BalasHapus
  3. Pertanyaan Untuk bapak Taufik
    "Assalamualaikum wr wb, apa alasan bapak memasukan 'pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup dan lingkungan sekitar'(KD 3.1) sebagai produk biologi?"

    BalasHapus
  4. Saya tambahkan,pertanyaannya untuk bapak R. TAUFIQ MULYANA

    BalasHapus
  5. Asslamu'alaikum wr wb.. membaca KD. 3.10 (Penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem) sebagai produk, mengapa P. Taufik tidak memasukan KD. 4.13 (Menyajikan data dan infromasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penaggulangan masalah) sebagai proses?

    BalasHapus
  6. Assalamuallaikum wr wb, Saya tidak setuju dengan pendapat penyaji mengenai produk ke-6 pada KD 3.7, karena materinya kurang lengkap.
    Mengacu pada KD 3.7 seharusnya materi yang dipelajari yaitu konsep suhu ,pemuaian,kalor,perpindahan kalor,dan mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum wr wb.. menaggapi pertanyaan yang Saudari Mita ajukan kepada P. Taufik bahwa Saya setuju dengan pendapat P. Taufik kalau kosep suhu, kalor, pemuaian, dan perpindahan kalor itu adalah materi fisika bukan termasuk kedalam materi Biologi kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013. Terimakasih.. Wassalamu'alaikum wr wb.

      Hapus
  7. Assalamualaikum wr.wb
    Saya akan mengajukan pertanyaan untuk Bapak Taufik. Apa alasannya Bapak memasukan "Sistem Organisasi Kehidupan", sedangkan di KD 3.4 hanya disebutkan sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme. Karena menurut saya sistem organisasi kehidupan cakupannya luas.

    BalasHapus
  8. Pemateri/penyaji II : Yosi Nurpiansyah

    6. Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau. (KD 4.8)
    7. Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki rsepirasi pada hewan. (KD 4.9)
    8. Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda. (KD 4.10)
    9. Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi mahluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. (KD 4,12)
    10. Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah.(KD 4.13)

    C. Sikap
    1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan (KD 1.1)
    2. Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti,cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif,dan peduli lingkungan). (KD 2.1)
    3. Menghargai kerja individu dan kelompok. (KD 2.2)
    4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab. (KD 2.3)
    5. Menunjukkan penghargaan kepada orang lain (KD 2.4)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
      Pertanyaan saya ajukan kepada Yosi Nurviansyah

      Apa alasan anda, tidak memasukan KD (4.11) ke dalam materi yang anda bawakan ?
      bukannya KD (4.11) tidak kalah pentingnya dengan KD yang lainnya.

      Terima kasih.

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr. wb.
      berhubung Yosi belum menjawab saya akan menanggapi pertanyaan saudara Dadan, yitu :"Apa alasan anda, tidak memasukan KD (4.11) ke dalam materi yang anda bawakan ?
      bukannya KD (4.11) tidak kalah pentingnya dengan KD yang lainnya."
      Iya betul sekali tetapi KD 4.11 Melakukan penyelidikan terhadap Karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
      jadi KD 4.11 bukan merupakan Biologi melainkan Fisika sedangkan Tujuan diskusi ini adalah "Menetapkan Materi Biologi dalam IPA SMP MTs Kelas VII Kurikulum 2013". jadi saya setuju dengan Yosi tidak memasukan KD 4.11.
      Terimakasih

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum.. wr.wb
    pertanyaan untuk pak Taufik
    Kenapa di dalam KD 4.7 dan KD 4.11 tidak dicantumkan pada hakikat biologi yang ke 2 yaitu proses?

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wr.wb
    Pertanyaan untuk saudara yosi nurpiansyah
    Dari KD 4.9 , mengapa disebut sebagai proses ilmiah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumssalam Wr. Wb.

      Saya menanggapi pertanyaan anda
      " Dari KD 4.9 , mengapa disebut sebagai proses ilmiah "

      Saya setuju dengan pendapatnya Yosi Nurviansyah di bawah
      " (KD 4.9) Karena di dalamnya mempelajari produk biologi respirasi, melalui proses kegiatan pengamatan atau percobaan untuk mempelajari respirasi pada hewan. "

      Karena sudah jelas pada KD.4.9 ( Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki rsepirasi pada hewan. )
      disitu ada kata " PENGAMATAN atau PERCOBAAN " Otomatis disitu ada proses yang akan dilaksanakan. Misalnya : mengamati respirasi pada hewan.

      Terima kasih


      Hapus
  11. Waalaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh.
    Terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan tanggapan dan pertanyaan.Pertanyaan akan saya jawab satu per satu dan sekali posting, mudah-mudahan jawabannya benar.

    1. Jawaban untuk pertanyaan dari bu Lilis Syarifah :
    Hakikat biologi yang ke -4 Bioteknologi belum dipelajari di kelas VII tapi akan dipelajari di kelas IX ( lihat silabus kelas IX SMP MTS Kurikulum 2013), akan tetapi terapan biologi lainnya selain bioteknologi sudah mulai diperkenalkan di kelas VII. Misalnya pada saat mempelajari interaksi mahluk hidup dengan lingkungan sekitarnya (KD 3.8), salah satu usaha mengurangi pencemaran lingkungan ialah dengan mereduksi/mengurangi limbah organik dengan pengomposan. Pengomposan adalah salah satu terapan dari biologi.

    2. Jawaban untuk pertanyaan dari Nendah Hidayah :
    Alasan pengukuran dimasukkan pada produk biologi karena pengukuran itu bukan hanya mengukur benda mati saja, tetapi juga benda hidup, dan besaran yang diukur bukan hanya besaran fisika saja, tetapi besaran lain yang tidak termasuk fisika, serta satuan yang digunakan bisa saja menggunakan satuan tidak baku. Salah satu contoh pada saat pembelajaran siswa mengukur luas daun, diameter batang (obyek yang diukur adalah mahluk hidup), contoh lain mengukur detak jantung, denyut nadi. Apabila pengukuran tidak menggunakan alat hanya menggunakan panca indra, maka besaran yang diukur bukan besaran fisika dan satuannya bukan satuan baku. Pada kenyataannya dalam mempelajari biologi tidak terlepas dari kegiatan pengukuran, jadi pengukuran dimasukkan ke dalam produk biologi juga meskipun adapula yang menggunakan besaran fisika,dan satuan baku,demikian menurut pendapat saya ‘

    3. Jawaban untuk pertanyaan R. Vivian :
    Betul, dan itu akan dan telah disampaikan oleh pemateri/penyaji II (Yosi).

    4. Jawaban untuk tanggapan Mitha :
    Tambahan yang disampaikan oleh saudara Mitha menurut saya itu dikelompokkan sebagai materi fisika, sedangkan saya hanya memasukkan suhu kaitannya dengan mahluk hidup dalam hal ini mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada hewan dan manusia, dimana terkait dengan materi biologi adaptasi mahluk hidup terhadap lingkungannya (adaptasi morfologi,fisiologi dan tingkah laku).

    5. Jawaban untuk pertanyaan Nenden Ayu Herdiani :
    Karena dilihat dari buku siswa tingkat VII pada awal pembahasan siswa sekilas sudah diperkenalkan pada sistem organisasi kehidupan melalui bagan dari tingkat tertinggi biosfer sampai terendah yaitu atom ( bisa dilihat dari buku siswa melalui internet), dan betul pendapat Nenden yang dipelajari lebih jauh adalah sel sampai organism.

    6. Jawaban untuk pertanyaan Yulia Puspita Dewi :
    KD 4.7 saya kelompokkan ke dalam materi Kimia sedangkan KD 4,11 saya kelompokkan ke dalam materi Fisika, meskipun pada saat pembelajaran materi fisika,kimia dan biologi dapat dipadukan.Oleh karena itu di SMP mata pelajarannya tidak terpisah menjadi biologi,fisika dan kimia tetapi IPA Terpadu.

    Demikian jawaban saya semoga tidak puas, Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb,
      saya ingin menanggapi jawaban dari Pak Taufiq atas pertanyaan dari saudari Nendah yaitu "apa alasan bapak memasukan 'pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup dan lingkungan sekitar'(KD 3.1) sebagai produk biologi?"
      Saya kurang setuju jika KD 3.1 di masukan kedalam produk Biologi walaupun ada kata makhluk hidup, tetapi dalam KD 3.1 inti dalam konteks keseluruhan kalimat KD 3.1 yaitu membahas tentang Pengukuran yang di dalamnya ada Besaran Pokok, Besaran Turunan dan Macam-macam Satuan yang seperti kita ketahui bahwa itu merupakan Materi Fisika.
      Demikian tanggapan saya, apabila ada yang tidak setuju silahkan berpendapat!
      Terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb.

      Hapus
    2. tanggapan untuk bapak taufik
      "Saya rasa saya kurang setuju dengan yang bapak utarakan ,dan saya lebih menyetujui tanggapan A Rifqie nawawi karena memang menurut saya juga pengukuran itu adalah materi fisika,terimakasih"

      Hapus
    3. Assalamualaikum wr.wb
      Saya akan menanggapi jawaban dari Bapak Taufik. Saya kurang setuju dengan jawaban Bapak, karena di dalam KD 3.4 itu mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel. sedangkan jawaban menurut Bapak siswa sekilas sudah diperkenalkan pada sistem organisasi kehidupan melalui bagan dari tingkat tertinggi biosfer sampai terendah yaitu atom. Mengacu pada KD 3.4 bahwa yang diajarkan pada siswa itu "mendeskripsikan" bukan "mengenal". Jadi saya lebih setuju dengan pendapat saudara Yudi bahawa materi yang diajarkan bukanlah Sistem Organisasi Kehidupan seharusnya keragaman pada Sistem Organisasi Kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
      Terimakasih.

      Hapus
    4. Betul yang dipelajari di tingkat VII mulai dario tingkay sel sampai organisme, serta penyusun sel. Sedangkan bagan sistem organisasi kehidupan anya sebagai pembuka saja, terima kasih atas kritik dan sarannya

      Hapus
  12. Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh.
    Terima kasih kepada saudara Edit Setiadi atas pertanyaannya. Ini jawaban dari saya.
    (KD 4.9) Karena di dalamnya mempelajari produk biologi respirasi, melalui proses kegiatan pengamatan atau percobaan untuk mempelajari respirasi pada hewan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat dimengerti. Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

    BalasHapus
  13. Assalamualikum Wr. Wb
    Saya ingin menanggapi akan materi yang disampaikan oleh pak Taufiq tentang Sistem organisasi kehidupan. (KD 3.4),
    jika menurut saya materi (KD 3.4) bukanlah Sistem Organisasi Kehidupan seharusnya keragaman pada Sistem Organisasi Kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, alasannya karena cakupan materi Sistem Organisasi Kehidupan lebih luas dibandingkan dengan keragaman pada Sistem Organisasi Kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
    Terima kasih, Wasalamualaikum WR.Wb

    BalasHapus
  14. Assalamualikum Wr. Wb
    Saya ingin bertanya kepada sodaraak Taufiq mengapa (KD 3.5) tidak dimasukan sebagai produk ilmiah, bukankah KI 3 membahas tentang produk ilmiah?
    Terima kasih, Wasalamualaikum WR.Wb

    BalasHapus
  15. Assalamualikum Wr. Wb
    Saya tidak setuju dengan pendapat penyaji 1 (pak Taufiq) mengenai produk ilmiah ke-5 pada (KD 3.6).
    Mengacu pada KD 3.6 seharusnya materi yang dipelajari yaitu energi, respirasi, sistem pencernaan makanan dan fotosintesis.
    Terima kasih, Wasalamualaikum WR.Wb

    BalasHapus
  16. Assalamualikum Wr. Wb
    Saya setuju dengan pendapat sodara yosi tentang sikap ilmiah pada (KD 2.1) , karena dengan kita jujur,tanggung jawab,obyektif, teliti,cermat,dan tekun, berarti kita sudah memenuhi salah hakikat biologi.

    BalasHapus
  17. @pk taufik
    Saya tidak setuju dengan pendapat pk taufiq,materi termasuk kpada produk? Yang saya tanyakan apakah kd 4.7 dan kd 4.11 termasuk proses? Kenapa tidak di cantumkan ?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.
    Terimakasih atas pertanyaan dan tanggapan dari jawaban saya. Saya akan taggapi
    kembali satu per satu.

    1. Menanggapi tanggapan dari Rifqy dan Nendah :
    Sebetulnya saya sempat merasa bingung dan ragu apakah pengukuran dimasukkan materi fisika atau materi biologi ?, karena pada kurikulum sebelumnya (KTSP) dan yang pernah kita pelajari waktu SMP dan SMA pengukuran selalu masuk materi fisika. Pengukuran sebenarnya materi matematika, tetapi digunakan juga dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan yang lain. Sesuai perkembangan ilmu pengetahuan saat ini muncul cabang ilmu lain yang merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu seperti Biokimia,Geofisika dan lain lain.Pada kurikulum 2013 IPA SMP MTS semakin jelas bahwa mempelajari IPA di SMP tidak bisa dipisahkan antara materi fisika,biologi dan kimia karena satu sama lain saling terkait, oleh karena itu disebut IPA Terpadu, kenapa saya akhirnya memasukkan pengukuran pada materi biologi, karena pada saat mempelajari produk biologi tidak terlepas dari kegiatan mengukur obyek/ benda hidup. Di kelas VII pada materi pengukuran siswa melaksanakan pengukuran benda hidup. Jadi pengukuran bisa dimasukkan sebagai materi fisika juga bisa dimasukkan sebagai materi biologi.

    2. Menanggapi tanggapan dan pertanyaan dari Yudi :
    Betul memang saya kurang teliti, sebaiknya materi dibatasi mulai dari tingkat sel sampai organisme serta penyusun sel.Namun Sisten organisasi kehidupan sekilas sudah diperkenalkan (merujuk dari Buku Siswa kelas VII IPA SMP MTS) Terima kasih atas sarannya.
    Kemudian mengapa KD 3.5 tidak dimasukkan sebagai produk ilmiah, karena KD 3.5 lebih cocok dimasukkan sebagai produk ilmiah materi fisika dan kimia.

    3. Menanggapi tanggapan dari Iis :
    Saya menuliskan sesuai yang tercantum pada KD 3.6 : Mengenal konsep energy, nerbagai sumber energy, energy dari makanan, transformasi energy, respirasi, system pencernaan makanan, dan fotosintesis.

    4. Menanggapi tanggapan dari Yulia :
    KD 4.7 dan KD 4.11 termasuk proses, akan tetapi tidak saya cantumkan sebagai proses ilmiah biologi. KD 4.7 menurut saya lebih cocok sebagai proses ilmiah kimia dan KD 4.11 lebih cocok sebagai proses ilmiah fisika.

    Demikian tanggapan saya, terimakasih.
    Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

    BalasHapus
  19. Ass..
    pada pak.yosi mengapa KD 4.12 tidak dicantumkan pada sikap hakikat biologi?yang padahal,menurut saya itu jauh lebih pokok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sodara hilmi.menurut saya KD 4.12 adalah bagian dari KI 4 sedangkan KI 4 adalah aspek proses.jadi KD 4.12 lebih tepat di masukan sebagai proses.
      terimakasih

      Hapus
  20. saya kurang sependapat tentang KD 3.7 yg bapak taufik cantumkan pda produk ilmiah,disana tertera kalimat menjaga bukankah itu merupakan sikap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sanggahannya, maksud/arti kata "menjaga" pada kalimat yang terdapat pada KD 3.7 adalah aktifitas tubuh manusia atau hewan baik yang disadari maupun yang tidak disadari untuk merespon suhu lingkungannya sehingga suhu tubuhnya tetap stabil. Mekanisme menjaga kestabilan suhu suatu mahluk hidup lebih tepat dikelompokkan sebagai produk biologi. Untuk mengingatkan KD 3.1 merupakan bagian dari KI.3 seperti yang telah dijelaskan oleh yang terhormat dosen kita Pak Endang Sp bahwa KI 1 dan KI 2 adalah aspek sikap, KI 3 adalah aspek produk dan KI 4 adalah aspek proses ilmiah, demikian menurut saya

      Hapus